Alamat Dinas

Alamat Dinas

Minggu, 25 Januari 2015

Potensi komoditas tambang kabupaten Ogan Ilir :

Potensi komoditas tambang Kabupaten Ogan Ilir berdasarkan hasil inventarisasi Dinas Pertambangan, Energi dan Lingkungan Hidup terdiri dari :

1.   Batubara,
Batubara Kabupaten Ogan Ilir termasuk dalam formasi Kasai (Qtk) dan sedikit formasi Muaraenim (Tmpm) yang terdiri atas 2 (dua) seam batubara dengan ketetebalan seam berkisar 3 sampai 15 meter, batubara ini termasuk dalam kelas sub-bituminous-A sampai sub-bituminous B. Di wilayah Kabupaten Ogan Ilir terdapat 7 (tujuh) perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan Eksplorasi yang berada di dalam wilayah Kecamatan Payaraman, Muara Kuang, Rambang Kuang dan Lubuk Keliat dengan luas total keseluruhan IUP sekitar 68.610 Hektar.
Dari pembacaan peta geologi lembar lahat selain di Kecamatan di atas terdapat juga formasi Muaraenim (Tmpm) di Kecamatan Pemulutan Barat  sampai ke Kecamatan Pemulutan, namun dari sampel yang diambil di lapangan kondisi fisiknya jauh berbeda dengan yang ada di Kecamatan Rambang Kuang, batubara yang terdapat di Kecamatan Pemulutan Barat termasuk kategori gambut dimana keterdapatnya berada di bawah hamparan lahan persawahan masyarakat sehingga sampai saat ini belum ada perusahaan yang mengajukan permohonan izin usaha pertambangan.

2.   Oksida Besi,
Singkapan (outcrop) komoditas tambang Oksida Besi terdapat di Desa Talang Seleman Kecamatan Payaraman berbentuk kerikil dengan ukuran diameter butir sekitar 4 sampai 20 cm.

3.   Kaolin,
Lempung kaolinan digunakan sebagai bahan baku pembuatan Keramik Gerabah yang keberadaanya terdapat di desa Parit Kecamatan Indralaya Utara.

4.   Pasir Sungai,
Pasir Bangunan yang tersebar sepanjang Sungai Ogan yang berada dalam wilayah Kecamatan Pemulutan, Kecamatan Pemulutan Barat, Kecamatan Pemulutan Selatan, Kecamatan Sungai Pinang, Kecamatan Tanjung Raja, Kecamatan Rantau Panjang, Kecamatan Kandis, Kecamatan Rantau Alai dan Kecamatan Muara Kuang (termasuk Sungai Randu).

5.   Tanah Liat.
Tanah Liat keterdapatannya di Kecamatan Payaraman, Kecamatan Rambang Kuang, Kecamatan Indralaya SelatanKecamatan Indralaya yang peruntukannya dibuat batubata. Sedangkan di Kecamatan Pemulutan lebih banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan Genteng sedangkan di Kecamatan Indralaya Utara kegunaannya untuk penimbunan setiap kegiatan proyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar